Senin, 17 Juni 2013

Resume Hasil Diskusi Di Kelas

RESUME DISKUSI KELAS SETELAH PENAMPILAN PRESENTASI KELOMPOK 8
Pertanyaan:
1.      Apakah misalnya ada program/ kegiatan khusus (yang berbeda) yang dilakukan oleh kantor indosat sales area Kediri dengan yang lain (kantor sales area wilayah lain) contohnya dalam pemasaran produknya?
2.      Apakah ada perbedaan pengorganisasian antara perusahaan indosat dengan perusahaan lain yang sejenis (operator lain), misalnya telkomsel?
Jawaban:
1.      Menurut kami, tidak ada. Setahu kami/ berdarkan yang kami tangkap dari kasil observasi/ wawancara dengan bagian marketing VAS and Community, bahwa komando/ perintah dan keputusan apapun tetap hak dan wewenang dari pusat (kantor pusat Jakarta). Komando dari pusat bahkan bisa datang sewaktu- waktu jika memang itu dianggap perlu/ mendesak, misalnya tentang kapan mereka harus melakukan promosi berkenaan dengan produk dan bagaimana pelaksanaannya, seberapa besar target dalam tugas mereka saat itu, dll. Hanya saja, untuk hal- hal yang benar- benar teknis praktis di lapangan, biasanya memang atas keputusan wilayah sendiri, contohnya wilayah mana saja yang dijadikan sasaran pemasangan baliho untuk kegunaan sarana promosi, ditentukan oleh kantor sales wilayah daerah masing- masing (setelah dilakukan survei dan pengkajian), baru dilaporkan ke pusat. Kasus nyatanya, kantor sales area Kediri, memilih salah satu tempat untuk pemasahan baliho besar di kota kediri, yaitu di jalan airlangga, pada perempatan dekat kantor sales area indosat wilayah Kediri.

2.      Pandangan kami secara sekilas (karena memang kami belum pernah observasi langsung pada perusahaan lain yang sejenis), sepertinya tidak ada perbedaan signifikan/ mencolok tentang model/ bentuk/ jenis pengorganisasian antara perusahaan indosat dengan perusahaan sejenis lainnya, misalnya telkomsel, hanya saja dengan istilah yang berbeda. Kita lihat saja, telkomsel juga memiliki kantor pusat, lalu pada setiap wilayah/ daerah juga disediakan/ dibangun semacam kantor- kantor cabang di seluruh Indonesia, agar mudah dijangkau/ diakses oleh masyarakat yang menjadi konsumen/ customer mereka dan untuk eksekusi hal- hal yang sangat teknis praktis sebagai kepanjangan tangan. Komando sepertinya memang sangat kuat dan terpusat, lalu disebar ke tiap wilayah melaluhi kantor- kantor cabang tersebut. Penggunaan istilah yang berbeda di sini yang kami maksud adalah seperti kalau indosat memiliki “gerai”, maka telkomsel mempunyai “grapari”, prinsip utama secara umum adalah hampir sama, Cuma istilah saja yang berbeda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar