RESUME DISKUSI KELAS SETELAH PENAMPILAN
PRESENTASI KELOMPOK 8
Pertanyaan:
1.
Apakah misalnya ada program/ kegiatan
khusus (yang berbeda) yang dilakukan oleh kantor indosat sales area Kediri
dengan yang lain (kantor sales area wilayah lain) contohnya dalam pemasaran
produknya?
2.
Apakah ada perbedaan pengorganisasian
antara perusahaan indosat dengan perusahaan lain yang sejenis (operator lain),
misalnya telkomsel?
Jawaban:
1.
Menurut kami, tidak ada. Setahu kami/
berdarkan yang kami tangkap dari kasil observasi/ wawancara dengan bagian
marketing VAS and Community, bahwa komando/ perintah dan keputusan apapun tetap
hak dan wewenang dari pusat (kantor pusat Jakarta). Komando dari pusat bahkan
bisa datang sewaktu- waktu jika memang itu dianggap perlu/ mendesak, misalnya
tentang kapan mereka harus melakukan promosi berkenaan dengan produk dan bagaimana
pelaksanaannya, seberapa besar target dalam tugas mereka saat itu, dll. Hanya
saja, untuk hal- hal yang benar- benar teknis praktis di lapangan, biasanya
memang atas keputusan wilayah sendiri, contohnya wilayah mana saja yang
dijadikan sasaran pemasangan baliho untuk kegunaan sarana promosi, ditentukan
oleh kantor sales wilayah daerah masing- masing (setelah dilakukan survei dan
pengkajian), baru dilaporkan ke pusat. Kasus nyatanya, kantor sales area
Kediri, memilih salah satu tempat untuk pemasahan baliho besar di kota kediri,
yaitu di jalan airlangga, pada perempatan dekat kantor sales area indosat
wilayah Kediri.
2.
Pandangan kami secara sekilas (karena
memang kami belum pernah observasi langsung pada perusahaan lain yang sejenis),
sepertinya tidak ada perbedaan signifikan/ mencolok tentang model/ bentuk/ jenis
pengorganisasian antara perusahaan indosat dengan perusahaan sejenis lainnya,
misalnya telkomsel, hanya saja dengan istilah yang berbeda. Kita lihat saja,
telkomsel juga memiliki kantor pusat, lalu pada setiap wilayah/ daerah juga
disediakan/ dibangun semacam kantor- kantor cabang di seluruh Indonesia, agar
mudah dijangkau/ diakses oleh masyarakat yang menjadi konsumen/ customer mereka
dan untuk eksekusi hal- hal yang sangat teknis praktis sebagai kepanjangan
tangan. Komando sepertinya memang sangat kuat dan terpusat, lalu disebar ke
tiap wilayah melaluhi kantor- kantor cabang tersebut. Penggunaan istilah yang
berbeda di sini yang kami maksud adalah seperti kalau indosat memiliki “gerai”,
maka telkomsel mempunyai “grapari”, prinsip utama secara umum adalah hampir
sama, Cuma istilah saja yang berbeda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar